Kunjungan Lapangan ke Taman Mawar STP, Malaysia (Bagian 1)

Artikel ini pindahan dari blog lama yang sudah tidak aktif *)

trip-to-iwk-1.jpg

Hari Kamis tanggal 8 Maret 2007 yang lalu, kami dari pelajar Sekolah Pengajian Siswazah (Program Pascasarjana) jurusan Alam Sekitar (Lingkungan) Fakultas Teknik Sipil Fakulti Kejuruteraan Awam, Universiti Teknologi Malaysia (UTM) mengadakan kunjungan ke salah satu STP di Kuala Lumpur. Berikut ini laporannya:

Sewage Treatment Plant (STP) diterjemahkan dalam bahasa Melayu sebagai Loji Olahan Kumbahan. Di Indonesia lebih dikenal dengan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL). STP yang dikunjungi adalah Taman Mawar STP yang berlokasi di Jl. Tk 5/8 Km 13 Taman Mawar, 47100 Puchong, Selangor Darul Ehsan. Perusahaan yang mengelolanya adalah IWK (Indah Water Konsortium Sdn. Bhd.).

trip-to-iwk-0.jpgDi Malaysia, semua perusahaan yang berbentuk PT di’translate’ ke dalam bahasa Melayu sebagai “Sdn. Bhd.” yang merupakan singkatan dari “Sendirian Berhad”. Dalam bahasa Melayu, kata “had” berarti “batas”. Dengan demikian arti kata “terhad” adalah “terbatas”, dan “berhad” adalah “berbatas”. Sehingga arti istilah “Sendirian Berhad” sama dengan “Perseroan Terbatas / PT”.

Nah…, mari kita teruskan kunjungannya. Setelah diterima oleh pihak syarikat (perusahaan), kami terlebih dulu diberi penjelasan di dalam salah satu bilik pengendali (ruang kontrol) di pejabat syarikat (kantor perusahaan) tersebut. Di situ dijelaskan dan disimulasikan pengendalian instalasi yang ada di Loji tersebut, yang serba mekanikal dikendalikan dari bilik pengendali secara “computerize”. Bila terjadi kegagalan otomatisasi, baru dilakukan pengendalian secara manual.

trip-to-iwk-3.jpg trip-to-iwk-2.jpg

Layar monitor di bilik pengendali

 

Selanjutnya, kita diajak keliling lokasi…., inilah bagian yang paling seruu….

Menurut pihak IWK, Taman Mawar STP menggunakan proses lumpur aktif yang disebut Activated Sludge Step-Feed Biological Nitrogen Removal (BNR). Loji ini secara resmi dibuka dan dioperasikan pada 19 Mei 2006.

Kawasan yang dilayani oleh loji ini (sewage catchment areas) meliputi Bukit Jalil, Sri Petaling, Kinrara, Old Klang Road, dan Taman Mawar. Air limbah domestik dan rumah tangga dari kawasan tersebut mengalir melalui berbagai jaringan perpipaan dan akhirnya menuju tiga pos perpipaan utama, secara berturutan yaitu: Kuyoh, Kinrara, dan Taman Mawar. Tiga stasiun/pos tersebut mengalirkan semua air limbah ke Taman Mawar STP.

Taman Mawar STP adalah loji kumbahan yang dikendalikan serba mekanikal dengan proses yang tepat meliputi tiga tahapan: primer, sekunder dan pengolahan lumpur. Kapasitas rencananya adalah 150.000 PE dengan debit rerata berkisar 37.000 m3/hari.

trip-to-iwk-4.jpg

Bersambung …….

oooOOOooo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: