Mengembalikan data yang rusak di CD

Pernah mengalami kehilangan data penting? Apalagi bila data tersebut tidak dapat diulang/dibuat lagi seperti semula. Saya pernah punya pengalaman kehilangan data foto keluarga yang sudah disimpan dalam CD. Ceritanya, ketika saya mau menambah data foto di CD tersebut dengan software Roxio, tanpa sengaja terhapus semua… hanya ada sisa guratan bekas burning di lempengan CD tersebut sedangkan data foto lenyap tak berbekas.

Karena ini ‘memori’ penting bagi keluarga kami, saya berupaya untuk mengembalikannya. Iseng-iseng saya tanyakan ke mbah Google dengan memakai kata kunci “CD data recovery”. Salah satu jawaban simbah adalah dengan menggunakan software CD Roller. Namun ternyata tak ada yang gratis. Untuk harga perorangan (personal license) saja sebesar 29.5 US dolar.

Kemudian saya dapat info kalau di Kuala Lumpur (KL) ada yang bisa mengembalikan data di CD dan harddisk yang hilang/rusak. Saya lacak alamat tersebut dari internet… aha… dapat!! Tapi…, aaahh… setali tiga uang… mau tau harganya? 100 ringgit/CD (= 28 US dolar) …. ** belum termasuk ongkos transport ke sana **.

Sebetulnya sudah saya putuskan untuk beli software saja, karena dengan harga yang hampir sama saya bisa dapatkan software yang bisa saya install berulang-ulang (juga dipakai berkali-kali). Lain halnya bila saya bawa ke KL, hanya sekali datang untuk sekali bayar.

Secara kebetulan ketika saya mau melakukan transaksi e-bay, ternyata kartu kredit saya tertinggal di rumah sementara saya sudah berada di laboratorium, sambil menunggu jam istirahat saya sempatkan searching di internet, siapa tahu ada crackingnya…

Ah… dasar sedang ‘bejo’, dari rapidshare saya dapatkan software tersebut komplit dengan nomor seri crack-nya — meski versinya lebih rendah dikit –. Dan setelah saya coba…, alhamdulillah…. semua data foto di dalam CD yang semula lenyap, terbaca dan dapat dikembalikan semua. Syukurlah…

Bagi yang berminat dengan filenya, untuk dipakai sendiri atau membantu kawan yang lain (jangan dikomersilkan.. ya??), silakan dimuat-turun di sini dalam format ZIP.

******

Update: 14 – 09 – 2007

File recovery di atas adalah khusus untuk data yang rusak di dalam media CD. Sedangkan untuk data yang terdapat dalam hard disk tidak dapat di recovery dengan menggunakan file tersebut.

Karena ada kawan pembaca lain yang juga menanyakan file recovery untuk hard disk, maka saya tambahkan postingan ini dengan permasalahan yang terkait. Untuk mengembalikan data yang rusak dalam media penyimpan seperti hard disks, flash drives, USB drives, memory stick, PC card, multimedia card, dan secure digital card dengan sistem file NTFS, mungkin (karena saya belum pernah mencoba) dapat menggunakan bantuan software “Smart NTFS Recovery ver. 2.0” yang dapat di download secara freeware di website ini.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu ……

oooOOOooo

 

17 Tanggapan

  1. niat banget tuh ampe mo beli..
    lha wong tinggal searching biasanya ada kok tuh penawar progie.. heheheh..
    aku juga termasuk pengguna yang gratisan..
    maklum belum nyampe pada tahap “tinggal beli”..
    klo ada yg gratis, knapa mesti beli??😉

  2. Adakah versi yang OSS nya??

  3. @Orido:
    Ketika searching yg pertama, berkali-kali saya gunakan keyword “crack”, selalu saja masuk ke site yang didomplengi xxx. Nah karena saya pakai jalur gratis di Kampus, paginya langsung pencarian yang mengandung kata crack diblok. Nah, akhirnya yang terakhir itulah saya gunakan key rapidshare dan versi yang saya cari saya turunkan dikit di bawah yang sedang dipromokan, alhamdulillah dapat gratis.

    @Kangguru:
    Saya tak paham OSS itu apa pak guru? Kalo yang saya upload-kan di atas itu sudah komplit dengan no. serinya sekali…

  4. Terima kasih Pak…
    Informasi yang sangat bermanfaat

  5. kalau ada yang gratis , kenapa musti beli?
    kalau kuat beli kenapa milih yang gratis??

    btw makasih sharingnya , siapa tau saya besok nggak kuat beli,he..he..

  6. @ Deking:
    Sama-sama.., monggo di download saja.

    @ Junthit:
    Sebetulnya awalnya juga mau yang gratisan kok. Karena itulah tetep berusaha dapatkan yang gratis…. he.., he.., he..

  7. yap, sip pak rido kalau ada yang gratis kenapa harus beli

    Ya…., inipun mumpung gratis, kalau minat silakan download.

  8. maaf pak, saya bisa minta tolong dikirimin filenya ke email saya? soalnya ada data penting saya yang eror seperti yang bapak alami. saya mau download disini tpi kok ndak bisa yah. tks

  9. Sudah 2 minggu hard disk saya ke hapus partisinya, dan sudah saya coba service tapi belum bisa, padahal ini sudah pindah tempat service tapi belum ada hasil. Saya sudah mencoba download saran anda tapi belum bisa, tolong dibantu bagaimana caranya? Terima kasih.

    Salam

  10. pak saya mau minta tolong gimana cara ngembaliin data di hardisk saya yg telah hilang..
    kasusnya sama seperti yg bapak alami…
    tolong ya pak.

  11. @ Adhi: Maaf terlambat menanggapinya, sekarang boleh dicoba lagi insya Allah berhasil. Kalau masih belum berhasil mendownloadnya, tinggalkan pesan & akan saya kirim filenya via email. Tapi saya coba untuk download dari tautan yang di atas, masih OK-OK saja….

    @ Sandi & Peter: Mungkin anda bisa mencoba dengan software “Smart NTFS Recovery” seperti yang sudah saya update-kan pada postingan di atas.

  12. bagaimana cara mengembalikan data bila hardisknya rusak baru hardisk tersebut nga tampil

  13. @mamank: Maaf, saya tak tahu caranya bila hard disknya (hardwarenya) yang rusak. Yang saya posting di atas adalah bila datanya rusak, hilang atau terhapus.

  14. MAKASIH BOS INFONYA, KBTLN GW LG NYARI NCH.

    Sama-sama…, kembali kasih….

  15. Saya Ruli, tinggal di Serpong 38 tahun, karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. Diawal Februari 2008 lalu saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan aneh, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA ternyata sama saja & ada bunyi kletak-kletek.
    Akhirnya saya coba membawa ke tempat recovery data di Harco Exlektonik Mangga 2. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya sempat kaget, ternyata mereka telah gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakan pada piringan hardisk saya sudah parah, katanya banyak tergores. Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya dan mencoba merecover lagi ke tempat lain. Ternyata sama.Mereka gagal. Beberapa tempat saya coba, sama saya terakhir saya coba ke daerah bilangan Jl.Setia Budi Sudirman. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka mengaku-ngaku yang terbaik di Jakarta.

    Entahlah saya hampir putus asa. Saya sudah bingung harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba mencari di Internet, di salah satu iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media situsnya http://www.everezta.com dan saya coba telpon dulu. Mereka meminta saya diminta mengantar harddisknya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka , akan dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil ke alamat kantor saya. Saya pun harus sabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

    Keesokan harinya saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka menelpon kepada saya, kalau harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, katanya keberhasilan minimal 80% bukan 100% lagi dan waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya sudah sangat parah secara fisik (katanya tidak terdetek BIOS dan banyak sekali BAD SECTOR) untung saja belum dibongkar. Mereka mengajukan biaya sebesar 5 juta rupiah yang cukup mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya, mahal sekali padahal tidak seperti di tempat – tempat lain jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali sempat saya mau membatalkan. Saya juga coba tawar harganya. Tetap saja mereka tidak mau agar biayanya lebih murah. Karena terpaksa. Pikir saya, harus kemana lagi saya coba merecover data saya dengan harga jauh lebih murah, sementara hamper semua, sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnaya saya menyetujui untuk membawar 5 juta rupiah, asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan.

    Setelah menunggu kurang lebih seminggu, akhirnya mereka (pihak Everesta Media), menelpon lagi kepada saya, memberitahu sudah selesai data saya diselamatkan, diminta saya membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Kesesokan harinya, mereka akan antar data-datanya ke kantor saya siang hari. Diminta juga, saya segera menyiapkan pembayarannya secara tunai 5 juta rupiah. Saya tidak mau rugi, saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya awalu sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar, mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya. Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir. Hebat juga Everesta Media, walaupun biaya recovery datanya cukup mahal tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun begitu, sebenarnya saya cukup puas dengan harga 5 juta rupiah, karena pihak Everesta Media berhasil menyelamatkan data-data penting saya bahkan yang sudah dihapus sekalipun. Sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah. Ruli, Serpong (29-2).

  16. promosi pak??

  17. MAAF NUMPANG IKLAN
    TERIMA PANGGILAN
    LES PRIVATE KOMPUTER untuk umum sekolahan (sd, smp, sma/smu),kantoran,perumahan dan SERVICE KOMPUTER
    ANTON DI 08159938717 / 02193717042
    ( TIDAK SMS !! ) KAMI SEGERA DATANG
    KE TEMPAT ANDA (KHUSUS DI JAKARTA)

Tinggalkan Balasan

