Divshare.com: Rasis pada Anggota dari Asia

Terkaget-kaget saya malam ini. Ketika meng-klik salah satu tautan/link download file yang saya simpan di divshare, sesaat kemudian muncul tulisan:

Sorry, this file is unavailable in your region. This file is not available to free users in China and Southeast Asia. To download it, you must sign up for a DivShare account. For more information, read our blog post on the policy.

Malam ini, barulah saya tahu bahwa link file berfasilitas download yang saya simpan secara “free” di Divshare.com tersebut sudah tak bisa diakses lagi.

*****

Dari informasi yang saya baca di blognya Divshare, disebutkan bahwa: Terhitung mulai tanggal 12 Februari 2008, Akses masyarakat Southeast Asia (termasuk Indonesia) dan China untuk mendownload Shared Files yang diUpload dengan menggunakan divShare Free Account dari Southeast Asia dan China DITUTUP/DIHENTIKAN…!

File-file yang disimpan oleh member yang hanya memiliki free account tidak dapat di download oleh free user yang ada di China dan Asia Tengara. Kebijaksanaan ini tidak akan berpengaruh terhadap file yang disimpan oleh member yang memiliki premium account.

Padahal ada lumayan banyak file yang saya simpan di divshare (yang free account…, tentunya), termasuk banyak file-file gambar yang saya pasang di tiap postingan WP ini tersimpan di sana. Namun sepertinya sampai saat ini untuk file gambar masih bisa terbaca, buktinya di setiap postingan masih terpampang gambar-gambar yang merujuk ke divshare. Namun untuk file yang harus download ke sana, sudah tak dapat diakses lagi kecuali bagi uploader itu sendiri. Tentunya dengan membuka account-nya sendiri melalui “login” terlebih dulu.

Rasa-rasanya si Divshare mulai rasis nih…, dan saya tak peduli pada alasannya…

Why the change? Our free accounts are supported by advertising, and unfortunately the online advertising market in China and Southeast Asia is much weaker than in other parts of the world.

******

Saatnya membenahi tautan-tautan download file yang merujuk ke divshare, dengan sabar dan telaten. Dan demi kemudahan serta kenyamanan postingan di WP untuk selanjutnya, pilihan upload file akan dipindah ke box.net yang tersedia juga fasilitas widgetnya di WP ini.

Bye bye, DIVSHARE….. Tak pakai fasilitasmu juga “Ora Patheken”…. EGP.

oooOOOooo

 

4 Tanggapan

  1. Bila alasan DIVSHARE diperhatikan, maka alasan utama mereka adalah ‘market’ (pasar). Oleh banyak sosiolog fenomena ini dikenali sebagai market-led.
    Dalam perspektif bisnis, pasar (iklan) di China dan Southeast Asia tidak menguntungkan bagi DIVSHARE, maka dia menutup layanan free-nya.
    Oleh karena itu dibutuhkan, entrepreneur muslim yang dapat menangkap peluang ini, sebagai assabiquunal awwalun (pioneer kebajikan).
    Untuk share silahkan klik http://sosiologidakwah.blogspot.com

  2. Memang dasar kapitalis.
    Kapan ya Indonesia kaya bang…??

  3. it’s a nice site. keep on updating

  4. kita masih kalah saing ya.. suatu saat Indonesia pasti menjadi unggulan dalam hal apapun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: