Elevator & Eskalator Pada Perencanaan Instalasi Gedung Bertingkat

Jika kita mendirikan bangunan, bukan hanya keindahan tampak bangunan dan keserasian bangunan terhadap lingkungan yang harus kita perhatikan.

Namun juga keamanan bangunan tersebut terhadap segala bencana yang dapat diakibatkan oleh kurang diperhatikannya perencanaan instalasi yang terdapat didalam bangunan tersebut.

Selain itu juga harus diusahakan kemudahan bagi penyelamatan penghuni bila terjadi bencana.

Setiap rencana instalasi dari bangunan yang akan dilaksanakan harus diteliti dahulu oleh seksi Instalasi dan Perlengkapan Bangunan/TPIB (Team Penasehat Instalasi dan Perlengkapan Bangunan).

Beberapa macam Instalasi yang harus diperhatikan :

  1. Instalasi Pemadam Kebakaran
    Sistem yang bisa digunakan antara lain :
    * Sistem Hydrant
    * Sistem Sprinkler
    * Sistem Fire Alarm
  2. Instalasi Elevator & Eskalator
    Didalam perencanaan instalasi Elevator dan Eskalator, yang harus diperhatikan:
    * Pola lalu lintas orang dan barang disekitar dan didalam gedung harus diperhatikan
    * Elevator penumpang, barang dan kebakaran harus terpisah
    * Cara penanggulangan bila terjadi keadaan darurat.
  3. Instalasi Air Buangan
    Didalam perencanaan instalasi air buangan, yang harus diperhatikan antara lain :
    * Sistem jaringan air kotor dan air hujan diluar bangunan
    * Sistem pengelolaan air kotor
    * Pengolahan air kotor tidak boleh mengganggu lingkungan sekitarnya.
  4. Instalasi Listrik
    Didalam perencanaan instalasi listrik yang harus diperhatikan adalah :
    * Sakelar khusus ukuran (rating) pengaman jenis pengaman dan penampang kabel
    * Penempatan generator genset
    * Sumber tenaga yang digunakan PLN, atau pembangkit tenaga listrik sendiri.
  5. Instalasi Plumbing
    Didalam perencanaan instalasi plimbing yang harus diperhatikan adalah :
    * Sistem pemipaan air bersih
    * Sistem pemipaan air limbah
    * Sistem pemipaan air hujan
    * Sistem pemipaan air limbah.
  6. Instalasi Air Codition dan Refrigeration
    * Apabila harus terjadi kebakaran, AHU pada lokasi kebakaran harus mati secara otomatis berbarengan dengan fire alarm bekerja
    * Faktor keamanan yang dipakai.

===OOO===

Dari sekian banyak instalasi gedung bertingkat yang harus diperhatikan, berikut ini akan sedikit diulas tentang instalasi alat transportasi vertikal pada gedung bertingkat.

*****

ALAT TRANSPORTASI VERTIKAL

Suatu bangunan yang besar & tinggi, memerlukan sarana angkut/transportasi yang nyaman untuk aktifitas perpindahan orang dan barang secara VERTIKAL. Sarana angkut vertikal yang bekerja secara mekanik elektrik adalah :

  • Elevator (Lift).
  • Eskalator
  • Travelator / Moving walk

Mulai dari jaman kuno sampai jaman pertengahan dan memasuki abad ke-13, tenaga manusia dan binatang merupakan tenaga penggerak.

Pada tahun 1850 telah diperkenalkan elevator uap dan hidrolik. Tahun 1852 terjadi babak baru dalam sejarah elevator yaitu penemuan elevator yang aman pertama di Dunia oleh Elisha Graves Otis.

RIWAYAT ELEVATOR/LIFT

Elevator penumpang pertama dipasang oleh Otis di New York pada tahun 1857. Setelah meninggalnya Otis pada tahun 1861, anaknya, Charles dan Norton mengembangkan warisan yang ditinggalkan oleh Otis dengan membentuk Otis Brothers & Co., pada tahun 1867.

Pada tahun 1873 lebih dari 2000 elevator Otis telah dipergunakan di gedung-gedung perkantoran, hotel, dan department store di seluruh Amerika, dan lima tahun kemudian dipasanglah elevator penumpang hidrolik Otis yang pertama.Berikutnya adalah era Pencakar Langit.

Pada tahun 1889 Otis mengeluarkan mesin elevator listrik direct-connected geared pertama yang sangat sukses.

Pada tahun 1903, Otis memperkenalkan desain yang akan menjadi “tulang punggung” industri elevator,yaitu : elevator listrik gearless traction yang dirancang dan terbukti mengalahkan usia bangunan itu sendiri. Hal ini membawa pada berkembangnya jaman struktur-struktur tinggi, termasuk yang paling menonjol adalah Empire State building dan World Trade Center di New York, John Hancock Center di Chicago dan CN Tower di Toronto.

Selama bertahun-tahun ini, beberapa dari inovasi yang dibuat oleh Otis dalam bidang pengendalian otomatis adalah Sistem Pengendalian Sinyal, Peak Period Control, Sistem Autotronik Otis dan Multiple Zoning. Otis adalah yang terdepan di dunia dalam pengembangan teknologi komputer dan perusahaan tersebut telah membuat revolusi dalam pengendalian elevator sehingga tercipta peningkatan yang dramatis dalam hal waktu reaksi elevator dan mutu berkendara dalam elevator.

CARA KERJA ELEVATOR/LIFT

Pada sistem geared atau gearless (yang masing-masing digunakan pada instalasi gedung dengan ketinggian menengah dan tinggi), kereta elevator tergantung di ruang luncur oleh beberapa steel hoist ropes, biasanya dua puli katrol, dan sebuah bobot pengimbang (counterweight). Bobot kereta dan counterweight menghasilkan traksi yang memadai antara puli katrol dan hoist ropes sehingga puli katrol dapat menggegam hoist ropes dan bergerak serta menahan kereta tanpa selip berlebihan. Kereta dan counterweight bergerak sepanjang rel yang vertikal agar mereka tidak berayun-ayun.

Mesin Lift “Gearless”

Mesin untuk menggerakkan elevator terletak di ruang mesin yang biasanya tepat di atas ruang luncur kereta. Untuk memasok listrik ke kereta dan menerima sinyal listrik dari kereta ini, dipergunakan sebuah kabel listrik multi-wire untuk menghubungkan ruang mesin dengan kereta. Ujung kabel yang terikat pada kereta turut bergerak dengan kereta sehingga disebut sebagai “kabel bergerak (traveling cable)”.

Jalur Lift (Hoistway) dan ruang mesin di atasnya

Mesin geared memiliki motor dengan kecepatan lebih tinggi dan drive sheave dihubungkan dengan poros motor melalui gigi-gigi di kotak gigi, yang dapat mengurangi kecepatan rotasi poros motor menjadi kecepatan drive-sheave rendah. Mesin gearless memiliki motor kecepatan rendah dan puli katrol penggerak dihubungkan langsung ke poros motor.

Sistem pergerakan Elevator/Lift dengan Gearless

Pada sistem hidrolik (terutama digunakan pada instalasi di gedung rendah, dengan kecepatan kereta menengah), kereta dihubungkan ke bagian atas dari piston panjang yang bergerak naik dan turun di dalam sebuah silinder. Kereta bergerak naik saat oli dipompa ke dalam silinder dari tangki oli, sehingga mendorong piston naik. Kereta turun saat oli kembali ke tangki oli.

Aksi pengangkatan dapat bersifat langsung (piston terhubungkan ke kereta) atau roped (piston terikat ke kereta melalui rope). Pada kedua cara tersebut, pekerjaan pengangkatan yang dilakukan oleh pompa motor (energi kinetik) untuk mengangkat kereta ke elevasi yang lebih tinggi sehingga membuat kereta mampu melakukan pekerjaan (energi potensial). Transfer energi ini terjadi setiap kali kereta diangkat. Ketika kereta diturunkan, energi potensial digunakan habis dan siklus energi menjadi lengkap sudah. Gerakan naik dan turun kereta elevator dikendalikan oleh katup hidrolik.

******

RIWAYAT ESKALATOR

Pada tahun 1899, Charles D. Seeberger bergabung dengan Perusahaan Otis Elevator Co., yang mana dari dia timbullah nama eskalator (yang diciptakan dengan menggabungkan kata scala, yang dalam bahasa Latin berarti langkah-langkah (step), dengan elevator). Bergabungnya Seeberger dan Otis telah menghasilkan eskalator pertama step type eskalator untuk umum, dan eskalator itu dipasang di Paris Exibition 1900 dan memenangkan hadiah pertama. Mr. Seeberger pada akhirnya menjual hak patennya ke Otis pada tahun 1910.

Eskalator lurus dan melengkung

Dalam perkembangannya, perusahaan Mitsubishi Electric Corporation telah berhasil mengembangkan eskalator spiral (kenyataannya lebih cenderung melengkung/curve daripada melingkar/spiral) dan secara eksklusif dijual sejak pertengahan tahun 1980. Eskalator ini dipasang di Osaka, Jepang pada tahun 1985.

CARA KERJA ESKALATOR

Pendaratan/Landing

Floor plate rata dengan lantai akhir dan diberi engsel atau dapat dilepaskan untuk jalan ke ruang mesin yang berada di bawah floor plates.

Comb plate adalah bagian antara floor plate yang statis dan anak tangga bergerak. Comb plate ini sedikit miring ke bawah agar geriginya tepat berada di antara celah-celah anak tangga-anak tangga. Tepi muka gerigi comb plate berada dibawah permukaan cleat.

Landasan penopang/Truss

Landasan penopang adalah struktur mekanis yang menjembatani ruang antara pendaratan bawah dan atas. Landasan penopang pada dasarnya adalah kotak berongga yang terbuat dari bagian-bagian bersisi dua yang digabungkan bersama dengan menggunakan sambungan bersilang sepanjang bagian dasar dan tepat dibawah bagian ujungnya. Ujung-ujung truss tersandar pada penopang beton atau baja.

Struktur perletakan Eskalator pada lantai gedung

Lintasan

Sistem lintasan dibangun di dalam landasan penopang untuk mengantarkan rantai anak tangga, yang menarik anak tangga melalui loop tidak berujung. Terdapat dua lintasan: satu untuk bagian muka anak tangga (yang disebut lintasan roda anak tangga) dan satu untuk roda trailer anak tangga (disebut sebagai lintasan roda trailer). Perbedaan posisi dari lintasan-lintasan ini menyebabkan anak tangga-anak tangga muncul dari bawah comb plate untuk membentuk tangga dan menghilang kembali ke dalam landasan penopang.

Sistem pergerakan Eskalator

Anak tangga (individual steps) dari Eskalator

escalator-animation.swf

Animasi gerak eskalator

Lintasan pembalikan di pendaratan atas menggulung anak tangga-anak tangga mengelilingi bagian ujung dan kemudian menggerakkannya kembali ke arah yang berbeda. Lintasan overhead berfungsi untuk memastikan bahwa roda trailer tetap berada di tempatnya saat rantai anak tangga diputar kembali.

******

RIWAYAT MOVING WALK

Banyak sebutan pada alat yang satu ini, di antaranya adalah Moving Walkway, Moving Sidewalk, Moving Pavement, Walkalator, Travelator, atau Moveator.

Moving Walkway adalah alat angkut perpindahan orang dan barang dari satu tempat ke tempat lain pada satu lantai atau pada lantai yang berbeda level dan bergerak sesuai dengan prinsip pergerakan pada eskalator. Dengan demikian, konveyor ini adalah pengembangan ide dari eskalator dan bisa dipasang pada posisi mendatar (horisontal) ataupun miring (inclined) dengan kemiringan 10 – 20 derajat.

Moving walkway (horisontal) di Bandara Internasional Port Columbus

Moving walkway (inclined) di Stasiun Metro Beadry, Montreal

Moving walk (horisontal) di Stasiun metro Bienvenue Paris berkecepatan 9 km/jam

Kegunaan dari alat transportasi ini adalah berfungsi untuk membawa barang-barang bawaan yang diletakkan di dalam kereta dorong (trolley) naik atau turun dari lantai satu ke lantai lain. Biasanya terdapat di supermarket, mal, stasiun kereta ekspress, dll.

Dan bila dipasang secara mendatar pada satu lantai, berfungsi untuk meringankan beban dari orang yang berjalan dengan membawa barang dan menempuh jarak yang relatif jauh. Misalnya pada terminal di bandara internasional yang luas, musium, kebun binatang, atau aquarium (water world).

Contoh gambar konveyor Moving Walkway

Struktur perletakan Moving Walkway pada lantai gedung

******

Update, 23/01/2009:

Ini ada artikel untuk Spesifikasi Umum: Instalasi Lift, Eskalator & Konveyor. Didalamnya terdapat juga spesifikasi instalasi listriknya. Silakan di download gratis di link ini. Moga bermanfaat.

oooOOOooo

DAFTAR PUSTAKA / REFERENSI:

oooOOOooo

About these ads

90 Tanggapan

  1. Komplet mas, karena terlalu komplet justru nggak bisa baca. Kepanajangan :(

  2. tolong bantu saya dengan memberikan contoh gambar diagram instalasi listrik dan pengawatan serta jenis2 pengaman dan panel-panelnya. Makasih before

  3. Minta maaf, untuk instalasi listrik, dll., saya belum bisa membantu… hiks…

  4. bisa tolong untuk menampilkan rangkaian pengawatan elevator

  5. mohon penjelasan ringkas perencanaan praktis gedung bertingkat

  6. tolong bantu untuk memberikan contoh perencanaan instalasi suatu bangunan lengkap dengan perhitungan2 alat2 pengaman serta gambar denah dan pengawatan nya please

    • pertanyaan anda terlalu sulit dijelaskan tapi jika ingin seuah hasil perencanaan mungki bisa saya bantu. melalui email

  7. @ asgar: Sekali lagi maaf Mas, saya hanya ngebahasnya dari sisi Teknik Sipilnya saja.

    @ tikno & dasep: Untuk perencanaan praktis ( termasuk instalasi & struktur gedung) lebih baik anda kunjungi blognya pak Wiryanto Dewobroto di sini.

  8. kalo misal sistem pneumatik digunakan untuk menaikkan bangunan bisa g sih….
    jadi kalo kita bikin bangunan, bangunan tersebut bisa naik dengan cataatan kolom kolom bangunan diberi sistem pneumatik. dengan tekanan udara tertentu bangunan lantai 1 tersebut bisa naik ke atas (seperti sistem hidrolik mobil ) gitu bisa g sih????

  9. sbelumnya mau minta tolong nih….
    sy lg tugasakhir…..
    mau mint materi2 tentang eskaltor dong..
    maksih ya..

  10. @shasha: Coba tanyakan pak Wiryanto Dewobroto di sini, beliau pakarnya struktur.

    @n’dank Hidayat: Yang ada di link di atas, apa masih belum cukup??? Saya sudah tak punya brosur-brosur eskalator lagi, soalnya sudah tidak berkutat di bangunan bertingkat lagi. Sekarang ganti haluan ke coastal engineering dan lingkungan.

  11. setelah saya telaah isinya cukup bagus, saya hanya memberi masukan ” untuk layout instalasi listriknya belum begitu detail, baik dalam segi pemasangan terhadap kapasitas daya ataupun dalamRAB nya. harapan saya , moga lebih rinci lagi dan sukses.

  12. @ bintang: Makasih masukannya.

  13. instalasi gedung bertingkat

  14. tolong beri penjelasan mengenai sistem pengolahan limbah gedung bertingkat.. trims

  15. tolong beri penjelasan mengenai sistem pegolahan limbah gedung bertingkat

  16. @ fanus: Mungkin nanti akan saya siapkan artikel Sistem Pembuangan Air Kotor/Limbah Cair dari gedung bertingkat, namun saya perlu waktu. Sebab sekarang baru konsentrasi ke yang lainnya dulu…..

  17. pak, minta penjelasan pemipaan system hydrant beserta system sprinkler. apa instalasi pada kedua system tersebut bisa di gabungkan???
    bagaimana system sprinkler pada bangunan Mini GOR? informasi anda akan sangat membantu saya..terima kasih..

  18. Mas klo cara pengangkatan alat tersebut gimana? masih bingung untuk dibayanginnya!!!
    trim’s

  19. Pak,saat ini saya sedang mengerjakan skripsi.
    trus terhenti di pembebanan eskalator.
    pak,mohon info masalah beban eskalator.
    apa bapak ada referensi???
    terima kasih atas bantuan yang bapak berikan.

  20. @dedy tri setiyawan: Maaf mas, saya tak punya artikelnya, dan lagi saya kurang paham juga detail-detail ME. Coba cari blog kawan-kawan spesialis ME.

    @D.Abdurrahman: Kalo dibayangin aja memang bingung, mas…. :D :P . BTW, cara pemasangan (instalation & erection) dari escalator tergantung tingkat kesulitan lokasi proyek. Dan tentunya diperlukan alat bantu lain, melihat beratnya eskalator dan tingginya pemasangan. Secara garis besarnya, ada 2 cara .
    Pertama, dipasang secara bertahap per-bagian, mulai dari kerangka bajanya lebih dulu yang dipasang, hingga kemudian sampai ke anak tangga/pijakan kaki (step) ter-rangkai lengkap. Ini dilakukan bila lokasi proyek tidak memungkinkan mendatangkan alat bantu (alat berat) ke lokasi pemasangan.
    Yang kedua, dipasang komplit satu set kerangka berikut rangkaian anak tangganya (tanpa handrail-nya), seperti yang tampak pada beberapa gambar di tautan ini.

    @anis: Pembebanan eskalator disesuaikan dengan spesifikasi masing-masing. Biasanya tersedia data beban/berat eskalator (reaksi tumpuan) sesuai dengan tipe, model & merek masing-masing di setiap brosurnya. Sebagai gambaran besarnya rekasi tumpuan eskalator tsb, anda bisa download & lihat pada contoh brosur eskalator Hyundai di tautan ini.

  21. matur nuwun,.

  22. MAS KU LAGI BUAT SKRIPSI MINTA BANTUAN TUK JARINGAN LISTRIKNYA(INSTALASI LISTRIKNYA)
    GMN???
    TUK EVALATOR BERTINGKAT

    Minta maaf…, tak bisa bantu sebab saya bukan ahli ME…

  23. sip..tengkiu…cma sekalian idem ma yg d atas,,

    instalasi listriknya sekalian dijelaskan…

    soalna aku jg bukan org ME.

    tengkiu very much…..

    good luck for all…

  24. @gogon & dion: Untuk instalasi listrik, ada tuh spesifikasi umumnya. Silakan di download di link ini. Moga membantu.

  25. klo mengenai kapasitas elevator dan jenis2nya gmn y?

  26. tolong jelaasin dong buku apa yang harus saya baca dan cari mengenai sistem mekanikal n elektrikal pada sebuah gedung..

  27. Saya mau tanya, nama alat yang di pakai untuk mengankut bahan bangunan yang bentuknya seperti hutuf T yang pakai kawat baja (sling), serta ada beban berbentuk Kotak biasanya dari beton semen, yang oprator ada di atas. Terima kasih atas bantuannya.

  28. mas aku lagi mo nyusun skripsi, bisa bantu kasih rangkaian kontrol untuk escalator. tolong y di tunggu

  29. mz aq lgi ngerjakan skripsi trus aq blom ngrti ttng bhan yang aq ajukan.perencanaan lift barang,.mhon bantuan.thnk’s.

  30. terima kasih banyak om. sangat bermanfaat sekali bagi pemula seperti saya untuk mengenal eskalator, mulai dari riwayat, cara kerja, dll. sekali lagi terima kasih om .

  31. Masukan untuk Griya Maya Faiq, saya adalah pelaku bisnis & Representatif dari Factory Elevator, Escalator, Inclined Elevator, Cable Car & Mono rail. Bila ingin tau lebih jauh tentang stair lift, special elevator, Inclined Elevator, Cable car (kereta gantung), Mono rail (funicular), bisa korespondensi dengan saya.
    Saat ini saya adalah representatif dari
    Doppelmayr
    Garaventa
    Total elevators
    Marine Innovation
    Inauen Scatti
    NSD
    HMR
    ABS
    ANLEV
    Lehner lifttechnik
    Hill hiker
    USA Hoist
    Bester elevator
    Tromp
    Hutter Aufzuge
    Cremer Elevator
    Dan banyak lainnya dari Inclined lift & Special elevator

    • Pak Rahman;

      Saya ada kasus di mana lift hanya melayani hingga lantai 4 karena lantai 5 dipakai untuk ruang mesin lift. Agar lantai 5 bisa dilayani lift, mesin lift katanya harus diangkat ke lantai 6 tapi bertabrakan dengan ballroom hotel.

      apakah ruang mesin lift harus persis di atas jalur lift? atau bisa diakalin?

      Trims,
      Arifin

    • Makasih pak Rahman, saya sambut baik tawarannya. Nanti akan saya kirim email. Semoga informasinya bermanfaat bagi mahasiswa saya….

      • Saya siap bantu Pak. Elevator & Escalator yang biasa ataupun yang special. Konsultan biasanya suka menunjuk saya bila ada yang ingin lift yang aneh – aneh. Untuk bisnis elevator & Escalator yang special memang saya tekuni karena persaingan bisnisnya masih longgar.

    • bisa kasih info untuk penjualan Escalator untuk wilayah Jawa Timur?
      terimakasih sebelumnya.

      • Puak Udin > bisa hubungi PT.BINTANG NUSANTARA JAYA
        Nama: Tn. Muhammad Nasir [Pemilik/Pengusaha]
        E-mail: stars_elevator@yahoo.co.id
        Situs Web: http://starselevator.co.cc
        Nomer HP: 08176669001 (xl) / 082142529222 (telkomsel)
        Nomer Telpon: 021 – 46439847
        Nomer Faks: 021 – 31990709
        Alamat: JaCC Blok F2 no 6 Jln Kebon Kacang Raya
        Jakarta 10230, Jakarta
        Indonesia
        Trim’s

  32. Masukan dari saya untuk lift yang Bapak Maksudkan itu, adalah perubahan struktur gedung pada jumlah layanan dari 4 lantai ke 5 lantai. Saran saya. Ruang mesin dipindah ke bawah, atau dengan kata lain Renovasi & Modernisasi. Maka dibutuhkan ruang dibawah dengan sistem katrol 1: 2. Dengan kerakter mesin traksi yang juga khusus. yaitu dibawah. Sistem tersebut bisa dimungkinkan. Contohnya seperti lift yang biasa di pasang untuk rumah sakit. Yang mana lotengnya (roof) untuk landasan Helikopter. Sebagai contoh. Bapak bisa lihat lift merk Otis buatan tahun 1980 yang terpasang di RSPAD Gatot Subroto (Klinik medikal cek up) klinik tersebut biasa dipakai untuk medical chek up untuk calon Presiden & wakil Presiden. Untuk keterangan lebih lanjut, detil & pelaksanaanya, Bapak bisa telepon saya di 08567831080 & 087882455364. Trim’s atas attensi Bapak, Abdul Rachman

  33. Kepada Pak ArifinMasukan dari saya untuk lift yang Bapak Maksudkan itu, adalah perubahan struktur gedung pada jumlah layanan dari 4 lantai ke 5 lantai. Saran saya. Ruang mesin dipindah ke bawah, atau dengan kata lain Renovasi & Modernisasi. Maka dibutuhkan ruang dibawah dengan sistem katrol 1: 2. Dengan kerakter mesin traksi yang juga khusus. yaitu dibawah. Sistem tersebut bisa dimungkinkan. Contohnya seperti lift yang biasa di pasang untuk rumah sakit. Yang mana lotengnya (roof) untuk landasan Helikopter. Sebagai contoh. Bapak bisa lihat lift merk Otis buatan tahun 1980 yang terpasang di RSPAD Gatot Subroto (Klinik medikal cek up) klinik tersebut biasa dipakai untuk medical chek up untuk calon Presiden & wakil Presiden. Untuk keterangan lebih lanjut, detil & pelaksanaanya, Bapak bisa telepon saya di 08567831080 & 087882455364. Trim’s atas attensi Bapak, Abdul Rachman

  34. hebat banget sistem pembuatannya….bisa nggak menampilkan rangkain listriknya pak…….soalnya aq mau belajar sistem instalasi listriknya

    • Pak Ieon, saya coba usahakan untuk menampilkan rangkaian listrik untuk cara kerja pada elevator. Pada prinsipnya Rangkaian listring tidak berbeda pada sistem elevator konvensional, tapi pada kondisi 1 : 2 atau 2 : 2 roping, maka sistem elektriknya sedikit lebih rumit & memakai sistem breaking savety (keamanan pengereman electrik mencapai 2 – 3 tingkat.

    • salam kenal …
      makasih pak… untuk semua info ini.
      lumayan buat nambahin wawasan bisnis instalasi industri dan komersial.

      Ilmu memang wajib diamalkan…
      Semoga tambah maju…….

  35. saya mau bekerjasama mohon kirimkan penawaran saudara unutk escalator Otis, Lift Sigma, Chiler AC. secepatnya ditunggu.

    • Kpd Yth,
      Ibu Safitri
      Ditempat.

      Sebelum saya menindaklanjuti permintaan Ibu, mohon maaf saya ingin bertanya kepada Ibu. Apakah Ibu memposisikan saya pada Konsultan pada proyek Ibu atau sebagai Kontraktor saja? Sebaiknya Ibu dapat membuat surat prmohonan resmi kepada saya untuk saya di posisikan sebagai apa? Kontraktor atau sebagai Konsultan. ke email : abdulrachman68@yahoo.com, abdulrachman68@gmail.com & abdulrachman68@hotmail.com.
      Saya sangat berterima kasih & menghargai atas ketertarikan Ibu kepada saya. Saya ucapkan terimakasih.

  36. om tlg bantu,aq lg skripsi tntg travellator ada contoh sripsi komplit g…..?
    trima kasih sblmnya….

    • Bisa aja. kamu bisa ambil gambar yang ada di web ini. Contoh skripsi saya tidak ada, mungkin kamu bisa mencontoh pada teman – teman kamu untuk uraian non teknis, saya hanya bisa memberikan penjelasan dari materi intinya tentang Travellator. uraian non teknis pasti kamu bisa, sebetulnya yang kamu butuhkan ke saya adalah inti materinya. Sekarang yang kamu butuhkan dari Travellator itu apanya? pengertian umum? teknis perbaikan? Perawatan? Spare part? Installateur? atau yang mana yang kamu butuhkan? tentukan dulu judul dari materi kamu, supaya kamu bisa terkonsentrasi pada materi pembahasan kamu. Download semua materi yang kamu punya sebagai refferensi, nanti saya berikan penjelasan teknis dari yang kamu bahas. Bila kamu ingin bertanya langsung kamu bisa hubungi saya di Handphone, atau kamu bisa email saya.
      Trim’s
      Abdul Rachman.

  37. Hikz, hikz.,.
    Mhon bntuannya dunk.,.
    Q ge nyari data tentang penyebab terjadinya korosi pada konveyor,, n korosi jnis apa yg biasanya mengenainya.,.
    Pengaruh faktor lingkungan dan pengendaliannya jg.,.
    Bgi yg bs bntu,, tlong krim k email saya
    obed_choolliezter@rocketmail.com
    Thankz.,.

    • Yth, Bp. Obed. Yang dimaksud Konveyor itu yang mana? Belt Conveyor atau Passanger Conveyor, Blet Conveyor biasanya untuk angkut Batu Bara, terjadi korosi pada belt conveyor diakibatkan dari Beram – beram Batu Bara yang mempengaruhi roller dan beltnya, Passanger Conveyor sejenis escalator atau bisa juga disebut Travellator, jarang terjadi korosi, karena umumnya Indoor, tapi untuk sebagian penggunaan di luar negeri bisa juga di pasang out door. Untuk travellator (passanger conveyor) indoor tingkat korosi di sebabkan dari kelembaban ruangan, dapat mengakibatkan terjadinya kerusakan pada roller, untuk yang out door biasanya dirancang untuk tahan korosi, dengan kualitas material yang berbeda. Untuk semantara ini yang bisa saya sampaikan. Terimakasih, semoga bermanfaat.
      Abdul Rachman

  38. saya mau tanya, saya mempunyai cv,nah pada saat ini saya sedang mendapatkan proyek untuk pembangunan gedung,untuk pembeliann dan pemasangan lift itu prosesnya seperti apa yaahh??..truss ad yg tau ga bentuk surat penawaran pembeliann dan pemasangan lift itu seperti ap?makasi.

    • Kepada Bp. Aldy Maulana, rupanya anda mendapat order untuk pengadaan & pemasangan Lift. Tahapannya yaitu anda harus koordinasi dulu dengan bagian perencanaan & gambar gedung itu sendiri. Bila anda yang bertanggung jawab mengenai pengadaan ini anda harus mendapatkan gambar perencanaan untuk tata letak lokasi lift dan postur bangunannya itu untuk mengetahui beban Lift yang diminta dan jumlah layanan stop and floor lift tersebut, tanpa data lengkap dengan gambar dan data peruntukan Proyek mustahil perusahaan lift dapat mengetahui banyak lift, banyak layanan stop/ floor juga beban angkatnya, bentuk surat penawaran baru bisa dikirimkan ke Pak Aldy. Data gambar (layout drawing) bangunan itu biasanya dalam bentuk hard copy dengan ukuran A1 atau A0, ini sangat menyusahkan anda untuk dibawa kemana – mana, sebaiknya anda mintakan soft copy dalam bentuk CD dan diserahkan kepada perusahaan yang bergerak dibidang Lift & Escalator, saya dapatkan rujukan untuk anda berkirim data ke : bester.indonesia@yahoo.com atau totalelevators@yahoo.co.id, kedua email ini juga terhubung ke facebook. Untuk yang pertama Lift dengan merk Bester Elevator yang ke dua dengan merk Total Elevator.

    • Pak Aldi, sebagai tambahan, anda dapat diskusi dengan saya langsung ke abdulrachman68@yahoo.com, atau telepon saya ke 08567831080, 087882455364 dan 02193195800 dengan saya, Abdul Rachman

  39. cari loker di lift ada ga ya?

  40. Bisa info agen untuk escalator comb.
    Terima kasih untuk bantuannya

  41. Pak Jacobus,
    bisa hubungi
    PT. Vidya Citra Mechatronic,
    contact : Bp. Ahmad Idris atau saya,
    di alamat : Jl. Tebet Timur Dalam V/ 22, kode pos : 12820, telepon : 021-83700682 & 021-837031408,
    Fax : 021-83700674,
    email : vidyamechatronic@yahoo.co.id atau abdulrachman68@yahoo.com

  42. terima kasih banyak…nice info buat tugas gw….god be with u…
    ass

  43. Bila ada para pembaca ingin memesan spare part elevator dan escalator
    anda dapat kontak dengan saya dan kirim inquiry
    langsung ke
    abdulrachman68@yahoo.com,
    abdulrachman68@gmail.com,
    abdulrachman68@hotmail.com
    atau telepon saya ke
    08567831080,
    087882455364 dan
    02193195800 dengan saya,
    Abdul Rachman
    Balas

  44. Trima kasih bgt… sdh berbagi ilmunya
    senang bisa melihat gambar2x tp resolusinya kurang …
    lebih mantap lg klo gambarx diberi resolusi yg agak besar.

  45. Terima kasih boleh lihat2. Sangat mambantu

  46. terima kasih pak atas ilmu yang bapak buat di situs internet. moga2 bapak mudah rezeki dan banyak pahalanya, Amiiiin…..

  47. Bagus dan bermanfaat, terima kasih mas.

  48. selam kenal,

    saya ingin berdiskusi sdikit mengenai pembuatan laporan instalasi listrik,karena saya masih baru di tempat kantor kerja saya,dan lagi data intalasi saat ini blom ada jd saya harus mulai dari awal,kira-kira tips yang baik untuk memulai kerja saya..apa…

  49. Pak, saya sedang mencari referensi untuk tugas akhit mengenai elevator traksi yang gearless. barangkali bapak punya buku standar asme a17.1 atau sni 03-6247.1-2000 yang berupa e-book atau .pdf??
    Barangkali bisa dishare sama saya :D
    Selain itu dimana saya bisa mencari cara merancang guide rail yang sesuai dengan kebutuhan beserta penempatan braketnya??

    Terima kasih

    • Kepada.
      Nextnomura.
      Bila saya sudah dapatkan asme a17.1 atau 03 03-6247.1-200 akan saya usahakan melalui APPLE (Asosiasi Pengusaha Pemborong Lift & Escalator), karena saya hanya punya standat ANSI (Amerika/ Otis). Untuk guide rail akan saya usahakan langsung ke Factory, mungkin mereka punya banyak rancangan yang anda maksud, mungkin akan saya mulai dari JUFENG Company, tolong berikan kepada saya kontak telepon & email anda
      Trim’s.

    • Silakan langsung hubungi pak Abd. Rachman, yang memang praktisi lift dan eskalator…. Itu no. hp nya ada di komen atas….

      • Kepada.
        Nextnomura.
        Bila anda ingin diskusi langsung dengan saya silahkan hubungi saya di
        +6287882455364
        +628567831080

  50. Tambahan pengetahuan yang saya cari, terima kasih informasinya.

  51. Kalau saya mempunyai pekerjaan untuk untuk mendesain perencanaan Eskaltor atau Lift saya dapat menghubungi siapa. Saya sedang ada kerjaan untuk memasang/pengadaan/dan design eskalator. panjang eskalator yang diharapkan 13,09 meter, ketinggian antara lantai dasar dengan lantai 1 adalah 5 meter, dan lebar yang diinginkan untuk eskalator (1 meter/untuk 2 orang berjejer). data yang saya perlukan, Harga, jasa pemasangan , dan konsumsi listriknya. Terima Kasih

    • Kepada.
      Budi.
      Bila anda ingin diskusi langsung dengan saya, Bp. Abdul Rachman. Silahkan hubungi saya di
      +6287882455364
      +628567831080

  52. Kepada.
    Budi.
    Bila anda ingin diskusi langsung dengan saya, Bp. Abdul Rachman. Silahkan hubungi saya di
    +6287882455364 begin_of_the_skype_highlighting +6287882455364 end_of_the_skype_highlighting
    +628567831080 begin_of_the_skype_highlighting +628567831080

  53. sudah cukup bagus , terus usahakan yg terbaik ok

  54. Jasa Pemasangan Elevatro

    021 46591278
    081542174763

  55. Saya ingin buat lif sederhana dirumah fungsi pokok seperti naikkan barang aja dr lantai 1 smp lantai 2 tombol lepas-pejet berhenti bgt jg pada kalau mau ke lantai 3 pejet sampai lantai 3 lepas berhenti, dan kalau turun pada tomlol yg lain lepas pejet berhenti turunnya, bgt seterusnya gmn sistem katrol dan listriknya ya mas…bs dak’ kalau bs pakai dinamo biasa…

  56. Salam kenal pak…
    Pak saya mau tanya untuk conveyor pada jenis industri pengolahan plastik, kira-kira saya bisa dibantu bentuk rancangannya tidak ya pak?dan bagaimana pembuatan sirkuit pengendali kecepatan untuk sebuah conveyor?saya membutuhkan sebuah conveyor tapi budget saya terbatas. Mungkin bapak bisa bantu saya memberikan gambar rancangan struktur dan sirkuitnya?atau bapak punya kenalan yang dapat membantu membuat dengan cost yang miring?sekedar info posisi saya di Surabaya. Terima kasih.Salam.

  57. mohon judul tentang lift di Hotel.
    ok. banget judulnya

  58. mas klo boleh tahu pengontrolan dari travelator yang dulu sama sekarang itu beda nya apa ya mas? trims sblm nya
    apakah memakai reduksi mekanik?
    boleh share gambar kontruksi dari travelator yang ada kontrolnya..

    • Sistem kontrol dari travellator sampai saat ini di gunakan sistem PLC, yang paling modern memang AC VVVF, tapi biaya produksi dari travellator tersebot menjadi mahal, akibat dari sistem modern tadi, reduksi mekanik tetap ada di antara traction motor dengan pulley penggeraknya, gambar konstruksi silahkan upscroll

      • trimakasih banyak mas atas jawabannya sangat membantu
        bila ada yang saya tidak tahu, mohon bantuannya lagi mas,. trims

  59. untuk menentukan daya motor yang dipakai untuk travelator, untuk prototype, jika beban 100kg, kcepatan 0.9m/s, untuk travelatornya sepanjang 1.5meter dengan lebar 0.5meter,, mohon bantuannya trimakasih

  60. nice info, terima kasih banyak

  61. saya mau diskusi atau nanya mengenai lift kami ada 4 unit, terdiri dari 3 unit tipe LG dan 1 unit Sigma, saat ini beroperasi setiap harinya dan yang jadi masalah adalah saat ini pengguna lift semakin banyak kecepatan lift tidak bisa ditambah lagi. adakah cara untuk menanggulanginya agar bisa lebih cepat dari lantai basement ke lantai 10

  62. Salam,
    Kami terdiri dari 20 orang team electrikal
    Siap berkerjasama
    Email: hayamboiler@gmail.com
    Call: 081514116999 / 081311379069 ( nana suryana )

  63. Saya mau cari control lift buat 4 tingkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: