Menikmati Acara TV di Malaysia

Artikel ini pindahan dari blog lama yang sudah tidak aktif *)

tvmly.jpgTinggal di Johor-Malaysia yang berdekatan dengan Singapura dan Indonesia mempunyai keuntungan tersendiri. Selain dapat mengakses acara televisi lokal, juga dapat menikmati acara-acara televisi negara tetangga Singapura dan Indonesia. Dengan menggunakan antena luar (out-door antenna) yang standar, pesawat TV kami dapat mengakses 15 stasiun televisi. Dari jumlah tersebut, enam stasiun dapat diakses dari TV lokal Malaysia, tiga stasiun dari TV tertua di Indonesia, dan selebihnya dari Singapura.

Sesuai dengan karakter, budaya dan bahasa masing-masing negara, tentunya kesemuanya mempunyai perbedaan. Belum lagi bila dilihat dari sisi segmen acaranya. Inilah menariknya.

Televisi Malaysia

Enam stasiun TV Malaysia yang dapat diakses meliputi TV1, TV2, TV3, NTV7, 8TV, dan TV9. Stasiun TV1 dan TV2 merupakan stasiun televisi milik Kerajaan (Pemerintah) di bawah kendali Radio Televisyen Malaysia (RTM). TV1 menayangkan acaranya dalam bahasa Melayu, dan TV2 dalam bahasa Inggris, China, Tamil, & juga Melayu. Dengan berslogan sebagai “Saluran Inforia”, TV1 lebih banyak menayangkan program acara warta/berita, dan sukan (olahraga) sebagai sajian utamanya. Sedangkan TV2 dengan slogan “Saluran Famili Anda”, selain menyiarkan program acara warta, lebih banyak menampilkan sajian utama berupa hiburan (entertaintment), muzik, cereka pilihan (drama), kartun & kanak-kanak.

Stasiun televisi lainnya, merupakan stasiun TV swasta. Sebagaimana layaknya TV swasta, sajian utamanya adalah hiburan, drama, musik, film, kartun & kanak-kanak. TV3 dan TV9 menyajikan program acaranya sebagian besar dalam bahasa Melayu, selain juga dalam bahasa China, Tamil, dan Inggris. Sedangkan stasiun 8TV dalam bahasa China dan Inggris, dan NTV7 lebih banyak dalam bahasa Inggris.

Ada satu catatan yang patut diperhatikan, dalam beberapa acara yang disajikan dengan bahasa Melayu hampir selalu diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dalam format teks di layar kaca TV dan sebaliknya. Hal ini sedikit banyak bermanfaat, karena pemirsa khususnya anak-anak bisa ikut belajar memperdalam bahasa Inggris dengan mendengar dalam format bahasa Melayu dan membaca terjemahannya dalam bahasa Inggris atau sebaliknya. Terbalik dengan TV di negara kita, ada yang berbahasa Inggris malah di dubbing sedangkan yang berbahasa Indonesia tidak di-teks-kan dalam bahasa Inggris.

Ada beberapa film dan drama/sinetron Indonesia yang pernah diputar di TV Malaysia. Diantaranya yang pernah kami saksikan adalah Kiamat Sudah Dekat (film & sinetronnya), Sembilan Naga (film), Mutiara Hati (sinetron), Bawang Merah & Bawang Putih (sinetron), dan Ratapan Anak Tiri (sinetron). Bahkan menurut surat kabar lokal, keempat sinetron tersebut banyak peminatnya sekaligus ber-rating tinggi di Malaysia. Dua diantaranya yang sekarang masih diputar adalah Mutiara Hati (TV9) dan Ratapan Anak Tiri (TV3). Unik dan menariknya, semua film dan sinetron dari Indonesia selalu dibuatkan teks terjemahan dalam bahasa Melayu dan terkadang terjemahannya kurang sesuai.

Televisi Indonesia

Ada beberapa siaran TV Indonesia yang sebetulnya bisa ditangkap di Johor ini, namun hanya tiga saja yang tampaknya konsisten tampil dengan gambar jelas, bersih dan lumayan jernih. Tiga stasiun tersebut merupakan stasiun TV swasta tertua di Indonesia, yaitu TPI, RCTI dan SCTV. Jadi meskipun tinggal di luar negeri, rasa kangen kadang terobati dengan menyaksikan tayangan TV Indonesia ini.

Ada satu catatan yang patut diperhatikan dalam menyaksikan tayangan TV Indonesia, bila dibandingkan dengan menonton TV Malaysia. Menonton tayangan TV Indonesia, ternyata kami harus pilih-pilih siaran juga, karena banyaknya tayangan sinetron yang tak realistis, terlalu mengada-ada, mengumbar kekerasan dan kebanyakan jalan ceritanya tidak mendidik sama sekali. Bila dibandingkan dengan cerita drama Melayu di TV Malaysia, alur cerita drama Melayu lebih realistis. Kalaupun ada konflik dan intrik baik dalam percintaan ataupun bisnis, ceritanya lebih mudah dicerna, masuk akal, tak berlarut-larut dan juga tak terlalu mengada-ada.

Meskipun begitu, kami dapat mengupdate berita-berita aktual langsung dari ketiga TV tersebut. Selain juga kerinduan mendengar dan menyimak acara siraman rohani dari mubaligh dan ustadz-ustadz kita sedikit banyak terobati juga. Bahkan untuk menghibur diri selepas seharian penat di makmal (laboratorium), sajian drama komedi KKN dan OB sangat menyegarkan.

Yang mengherankan, diantara warga Malaysia malah ada yang meminati sinetron Indonesia, diantaranya sinetron Intan. Acara lain yang juga diminati adalah Nikah Gratis, Bedah Rumah dan drama komedi OB.

Televisi Singapura

Sajian acara TV Singapura yang dapat dinikmati di Johor antara lain adalah dari Channel 5, Channel 8, Central, Channel NewsAsia, Channel U, dan Suria. Keenam stasiun tersebut adalah milik MediaCorp, salah satu perusahaan media di Singapura. Hampir semua program acara disajikan dalam bahasa Inggris (Ch. 5, Central & NewsAsia) dan bahasa China (Ch. 8, Ch. U & News Asia). Hanya Suria TV yang menyajikan acaranya dalam bahasa Melayu, serta sebagian acara Central TV dalam bahasa Tamil/India.

Beberapa sajian acara yang kadang kami nikmati juga dari siaran TV Singapura ini antara lain hiburan (Ch. 5), sajian Melayu (Suria), kartun & acara Kanak-kanak (KidsCentral) dan berita aktual (NewsAsia). Beberapa sinetron Indonesia juga pernah diputar di Suria TV, diantaranya sinetron Hikmah.

————–

Tulisan ini pernah dimuat di : http://halamansatu.net/

oooOOOooo

5 Tanggapan

  1. koqindosiar ga ada d malaysia, padahal AFI banyak d kenal orang.

  2. wah seneng ya, bisa nonton tv dr 3 negara.

  3. wahh,untung banget bisa nonton dr 3 negara.ga usah pasang tv kabel.hehehe

  4. suka banget…….??????????

  5. bagus ya mbak

    saya juga mau ngasih info ni

    kalau ingin nonton tv gratis dari singapore, malaysia dan negara seluruh dunia, klik

    tvkuindo.wordpress.com

    thanks, pasti berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: